Ibu Bekerja Tetap Dapat Memberikan ASI

Iklan Semua Halaman

Ibu Bekerja Tetap Dapat Memberikan ASI

Rabu, 18 Juli 2018
Para ahli merekomendasikan air susu ibu atau ASI eksklusif diberikan selama 6 bulan awal kehidupan bayi, setelah itu pemberian ASI dilanjutkan sampai 2 tahun (disertai makanan pendamping ASI mulai usia 6 bulan). 

Namun, ibu yang bekerja biasanya mengalami beberapa kendala dalam memberikan ASI eksklusif, antara lain jatah cuti melahirkan yang terbatas dan lingkungan kerja yang tidak mendukung pemberian ASI eksklusif. 

Tetapi dengan pengetahuan dan persiapan yang baik, ibu bekerja juga dapat memberikan ASI eksklusif. Seorang wanita yang bekerja dapat melanjutkan pemberian ASI. Jika seorang ibu tidak dapat membawa anaknya ke tempat ia bekerja, maka ia harus menyusui anaknya sesering mungkin pada saat mereka bersama. 

Jika ia bekerja dan tidak dapat menyusui anaknya, maka ia dianjurkan untuk memerah air susunya 3 - 4 kali selama 8 jam kerja, selama 20 - 30 menit setiap kali memerah ASI dan menyimpan ASI tersebut dalam wadah yang bersih. 

ASI yang disimpan dalam suhu kamar < 26°C tahan selama 6 - 8 jam untuk nanti diberikan kepada bayinya. ASI juga dapat disimpan dalam lemari pendingin (kulkas) 3 hari di lemari es (4°C), 2 minggu dalam freezer lemari es 1 pintu (-15°C), 3 - 6 bulan pada freezer lemari es 2 pintu (-18°C).


ASI beku dapat dicairkan dengan cara memindahkan dari freezer ke lemari es. ASI dapat diberikan pada bayi dengan cara merendam botol ASI dalam wadah yang berisi air hangat. Tidak diperbolehkan menghangatkan ASI dengan cara dipanaskan di atas kompor.