Demi Menjaga Kesehatan Anak, Ini Dia 4 Hal yang Wajib Dilakukan Orangtua - Informasi Kesehatan dan Kedokteran

ARTIKEL TERBARU

Minggu, 18 November 2018

Demi Menjaga Kesehatan Anak, Ini Dia 4 Hal yang Wajib Dilakukan Orangtua

Demi Menjaga Kesehatan Anak, Ini Dia 4 Hal yang Wajib Dilakukan Orangtua


4 Hal yang Wajib Dilakukan Orangtua

Membangun sebuah keluarga dan memiliki anak yang sehat tentu adalah impian setiap orang tua. Tapi, ada beberapa hal yang harus dilakukan orang tua untuk menjaga kesehatan si buah hati. Nah, bagi Anda yang baru saja belajar peran orangtua, berikut ini ada 4 hal yang wajib Anda lakukan untuk menjaga kesehatan si buah hati. Check this out!

Perhatikan Asupan Nutrisinya
Tentu yang menjadi dasar kesehatan anak adalah apa yang dimakan olehnya. Makanan yang sehat tentu akan memberikan nutrisi dan gizi yang seimbang untuk tumbuh kembangnya. Sebaliknya, jika makanan yang dimakan tidak mengandung nutrisi yang baik, alhasil si buah hati akan sering sakit dan kesehatannya terganggu.
Salah satu cara yang perlu diperhatikan orang tua adalah cara memasak yang sehat. Misalnya, jika merebus sayuran hendaklah tidak terlalu lama agar kandungan gizinya tidak hilang. Anda juga harus melihat porsi makan yang tepat untuk si buah hati. Jangan terlalu berlebihan dan juga jangan terlalu sedikit.

Mengajarkan untuk Bergerak Aktif
Terutama untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Bergerak aktif akan membantunya semakin memperkuat otot serta tulangnya. Gerakannya juga akan membantu si kecil untuk lincah berjalan. Secara garis besar, jika sering bergerak, tubuh si kecil akan terlatih dan lebih stabil.
Cara yang bisa Anda lakukan adalah cobalah mengajaknya berjalan kecil di jalanan depan rumah sekaligus menghirup udara pagi. Sesekali cobalah berlari kecil dan lihatlah respon berlarinya. Jangan lupa bawa susu yang bisa Anda berikan ketika selesai berjalan pagi ya. Persiapkan juga sepeda kecil untuknya jika ia lelah berjalan.

Menjaga Kesehatan Anak - 4 Hal yang Wajib Dilakukan Orangtua


Melakukan Imunisasi
Imunisasi sangat penting loh, terutama untuk menjaga si kecil dari berbagai penyakit yang berasal dari virus. Imunisasi ini juga disebut sebagai vaksinasi prosesnya dilakukan melalui penyuntikan obat ke dalam tubuh anak. Vaksinasi ini akan memperkuat sistem imun atau sistem kekebalan tubuh si kecil sehingga itu akan kebal terhadap virus dan bakteri tertentu.
Di Indonesia sendiri terdapat 6 imunisasi yang diwajibkan untuk diberikan kepada balita yakni imunisasi BCG, Hepatitis B, Polio, Campak, Pentavalen (DPT-HB-Hib) dan yang paling terbarukan saat ini adalah imunisasi Rubela. Untuk jenis vaksinasi Pentavalen sendiri berguna untuk kebal terhadap banyak penyakit sekaligus seperti tetanus, pneumonia, meningitis, hepatitis B dan difteri. Tidak hanya ke 6 vaksinasi tersebut saja yang perlu Anda berikan kepada si kecil, tapi ada juga vaksin lainnya seperti vaksinasi flu, HPV, dan Varisela.

Berikan Contoh Pola Hidup yang Sehat
Sebagai orang tua, tentu Anda adalah panutan si buah hati. Oleh karenanya, berikan ia contoh yang baik. Salah satu contoh yang berkaitan dengan kesehatan adalah memberikan contoh pola hidup yang sehat. Anda harus bangun pagi lalu bersiap – siap berolahraga kecil di depan rumah. Ajarkan si kecil untuk mengkonsumsi sayuran dan juga tidur cepat lalu bangun cepat pula.
Pola hidup yang sehat penting untuk diajarkan sedini mungkin untuk membiasakan si kecil melakukan rutinitas yang sehat. Jika Anda melakukan pola hidup sehat, Anda dan sekeluarga akan sekaligus hidup sehat dan jauh dari penyakit. Terkadang anak akan jatuh sakit karena orangtuanya sakit, nah, jika Anda sehat, tentu anak Anda juga sehat.

Sekian informasi mengenai bagaimana menjaga kesehatan anak, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda ya. Selamat mencoba!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar