Baca Ini Dulu Sebelum Memberikan Yogurt untuk Anak Anda! - Informasi Kesehatan dan Kedokteran

ARTIKEL TERBARU

Minggu, 14 Oktober 2018

Baca Ini Dulu Sebelum Memberikan Yogurt untuk Anak Anda!

yogurt

Sebagai orang tua, Anda pasti ingin memastikan bahwa pertumbuhan buah hati Anda optimal dengan memberikan jenis-jenis makanan yang sehat dan bernutrisi. Salah satunya adalah dengan menambahkan yogurt ke dalam menu makan sehari-hari si kecil.
Lantas, sebenarnya apa manfaat yogurt untuk anak? Anda bisa temukan informasi lengkap tentang manfaat yogurt bagi si buah hati di bawah ini. Selamat membaca!

Bantu Tingkatkan Imunitas Tubuh
Sebagai salah satu sumber probiotik paling baik, yogurt juga mampu menyeimbangkan Limfosit B dan T untuk melawan bakteri jahat yang berbahaya untuk tubuh. Dengan mengonsumsi yogurt, usus pun tetap sehat sehingga tubuh si kecil tetap mampu menyerap nutrisi dari makanan secara optimal. Maka, kebutuhan nutrisi harian buah hati pun terpenuhi dan imunitas atau kekebalan tubuhnya jadi makin kuat.

Bantu Cegah Iritasi Lambung
Yogurt adalah salah satu dari berbagai jenis makanan yang diproduksi dari fermentasi susu. Jadi, ada kandungan asam laktat di dalamnya yang dapat menetralkan asam lambung. Jadi, Anda pun juga bisa sekaligus meminimalisir risiko iritasi pada lambung si kecil!

Bantu Atasi Diare dan Disentri
Pilih yogurt berkualitas yang dibuat dari susu yang sudah dipasteurisasi. Selain lebih bergizi, yogurt untuk anak yang satu ini juga mampu mengatasi diare dan disentri pada si kecil. Hal ini sudah dibuktikan di dalam sebuah penelitian yang melibatkan anak-anak usia 1 sampai 2 tahun dan memiliki keluhan diare. Hasilnya menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi yogurt putih pulih dari diare dengan lebih cepat dibandingkan kelompok anak yang tidak diberi yogurt putih dan hanya menerima perawatan biasa.

Bantu Minimalisir Risiko Hepatitis
Tentu Anda sudah paham bahwa kondisi anak Anda di masa depan juga sangat dipengaruhi oleh kondisinya pada saat masih kecil. Dan dengan asupan nutrisi yang terjaga sejak dini, maka risiko penyakit kronis pun juga dapat diminimalisir sesegera mungkin. Salah satunya adalah risiko penyakit hepatitis karena konsumsi yogurt secara teratur akan mengurangi pembentukan zat amonia di dalam organ hati.

manfaat yogurt untuk anak-anak

Merupakan Sumber Berbagai Nutrisi Penting
Probiotik bukanlah satu-satunya kandungan nutrisi yang dapat ditemukan di dalam yogurt. Dengan memberikan yogurt untuk anak secara teratur, maka tubuh si kecil pun terjaga asupan vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, thiamin, niacin, folat, dan riboflavinnya. Selain itu, masih ada berbagai jenis mineral penting yang terkandung di dalam yogurt dan berperan besar dalam mengoptimalkan pertumbuhan serta perkembangan si kecil, terutama balita. Misalnya fosfor, zat besi, kalsium, magnesium, zinc, natrium, dan kalium.

Bantu Jaga Kesehatan Gigi dan Tulang
Salah satu kandungan penting di dalam yogurt adalah vitamin D dan kalsium. Dengan demikian, memberikan yogurt untuk anak secara teratur juga dapat membantu menjaga kondisi gigi dan tulang buah hati agar tetap sehat dan kuat, serta terhindar dari risiko osteoporosis maupun pengeroposan.

Lalu, Kapan Bisa Mulai Beri Yogurt untuk Si Kecil?
Biasanya, dokter menyarankan orang tua untuk mulai memberikan yogurt untuk anak sejak si kecil sudah berusia 1 tahun. Sebab, begitu si kecil menginjak usia 1 tahun, sistem pencernaannya sudah lebih matang dan lebih siap untuk menerima berbagai asupan makanan, termasuk yogurt. Selain itu, jenis yogurt yang paling baik untuk diberikan kepada anak Anda adalah plain yogurt alias yogurt dengan rasa alami. Hindari juga yogurt dengan pemanis dan pewarna sintetis yang ditambahkan karena justru yogurt jenis ini tidak optimal kandungan gizinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar